Kamis, 09 April 2015

Sejarah dan Perkembangan Game Online Di Indonesia

 Sejarah  Dan  Perkembangan  Game  Online  Di Indonesia

Hello kali ini saya akan membahas tentang sejarah game online di indonesia apalah kalian sudah tau bahwa nexia lah game pertama memasuki dunia game online di indonesia. Lalu saat ini game online mulai menjamur banyak nama-nama game online terkenal seperti game-game dibawah dan beberapa game tidak saya bahas disini seperti ran online, tantra hingga getamped lalu di 2015 ini game - game android sudah mulai menguasai pasar game di indonesia. Langsung saja akan saya ulas perkembangan dan sejarah game online di indonesia:



Nexia Online

Melalui Nexia Online inilah gamers ditanah air diperkenalkan dengan yang namanya game online. Nexia merupakan game online pertama hadir ke Indonesia. Game berjudul nexia dirilis oleh Bolehgame pada bulan Maret tahun 2001 dan sekaligus menjadi pencetus dari kehadiran game-game online baru lainnya disini. Meski hanya dibaluti oleh grafis simpel nan sederhana, Nexia kala itu berhasil membangun komunitasnya sendiri. Namun sayangnya, umur nexia online tidak bertahan terlalu lama. Nexia online akhirnya ditutup setelah 4 tahun menghiasai dunia game online Indonesia.

Ada kenangan manis tersendiri ketika era Nexia Online. Saat itu, gamers di Indonesia barulah mulai mengetahui namanya sistem ID dan password., para player game online zaman ini masihlah didominasi oleh kaum adam saja.



RAGNAROK ONLINE

Era Ragnarok Online bisa dikatakan merupakan zaman keemasannya dunia game online Indonesia. Dari game inilah warnet terus bermunculan, pengguna internet terus meningkat, dan jumlah gamers terus bertambah. Menariknya lagi, dari Ragnarok Online inilah para gamers mulai mengidap penyakit terkenal, ‘kecanduan game online’ hingga rela menginap berhari-hari sehingga warung internet or warnet merangkap menjadi kos-kosan dadakan..

Ragnarok Online atau sebutan populernya, "RO" juga adalah pionir bagi game online diseluruh dunia sebagai penganut sistem Pay 2 Play alias P2P, dimana gamers yang ingin memainkan Ragnarok Online harus membayar terlebih dahulu. Game ini sangat popular bukan hanya di Indonesia, dari hari ke hari pemainnya terus bertambah diseluruh dunia. Tentunya system war merupakan elemen terpenting kenapa Ragnarok Online mendapatkan banyak cinta gamers seluruh dunia.

Pada saat ini, game online sudah bukanlah permainan bagi kaum adam saja. Tak sedikit wanita pun mulai mencoba bermain, yakni pada zaman Ragnarok Online ini. Selain itu, jumlah warnet juga bertambah banyak. Warnet berfungsi hanya menyediakan jasa browsing or printing pun ikutan menginstal Ragnarok Online untuk menambah jumlah pelanggan. Dan, yang paling manis, dari Ragnarok ini jugalah gamers mulai tahu dengan yang namanya pacaran di dunia maya. Aih agak nostalgia istilah hode juga mulai terkenal karna Ragnarok Online~ gak tau hode? googling wiki (x

Jumlah publisher yang tadinya masih bisa dihitung dengan jari pun mulai meningkat. Beberapa game online baru seperti Risk Your Life, Gunbound, RAN, Xian, Pangya, dan O2jam pun bermunculan. Sekaligus, Ragnarok juga berhasil menciptakan trend baru game online Indonesia. Masa ini, gamers sudah mulai mengenal istilah gathering atau ngumpul ramai-ramai bersama anak guild.



RF Online

Sebagian orang mengatakan, era RF adalah zamannya revolusi game Indonesia. Mengapa begitu? Karena jaman inilah banyak game-game online baru bermunculan secara bersamaan. Selain itu, melalui RF ini jugalah gamers dipaksa untuk meng-upgrade komputer mereka, dikarenakan oleh game-game saat itu yang telah menggunakan grafis tiga dimensi. Ada dua judul game Lyto mendominasi dizaman ini, yaitu RF dan Seal, dimana keduanya memakai grafis 3D. RF bertema robot dan seal dihadirkan dengan 3d yang cute.

Perubahan paling besar pada dunia game online Indonesia di zaman RF ini adalah gamers sudah tak lagi menggunakan koneksi internet dial-up. Penyedia jasa internet baru mulai bermunculan, menawarkan kualitas internet yang jauh lebih baik. Jumlah warnet dan penggunanya juga terus meningkat. Bahkan sudah mulai ada warnet yang berani memberikan harga lebih murah lewat paket-paket yang telah mereka sediakan.

Gamers yang tadinya hanya bermain untuk kesenangan pun mulai mengalami perubahan. Eraa RF, mereka menjadi lebih serius. Mereka tak lagi hanya sekedar mencari teman, namun juga mencari kekuasaan serta kemenangan. Mereka sadar bahwa Perkembangan industri teknologi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin marak. Hal yang sama juga dialami oleh industri permainan atau game online di Indonesia, dimana hampir setiap tahunnya kita terus kedatangan pelaku-pelaku baru di dunia bisnis game, baik berasal dari dalam maupun luar negeri. Akan tetapi, tahukah kamu seperti apa pasang surutnya dari tahun ke tahun? Well, melalui artikel ini, kali ini saya ingin membahas tentang awal mula hadirnya game online Indonesia.



AYO DANCE

Memang benar, kaum hawa Indonesia sudah mulai ikut bermain game online Ragnarok. Namun, hadirnya gamers wanita di game online Indonesia secara besar-besaran cuma terjadi pada AyoDance.

Yaa game dancing2 ini, mereka para wanita, tak hanya sekedar mencoba bermain. Mereka bahkan aktif dan sangat adiktif. Beberapa diantaranya pun sampai rela menghabiskan waktu serta uang yg tak sedikit hanya untuk memainkan game online ini. Bahkan beberapa orang memainkan game bergendre dancing ini dengan mematikan komputernya yap mereka merasa sudah hafal so mencari tantangan bermain tanpa perlu melihat monitor -.-

Dan sepertinya AyoDance berhasil merubah trend game online Indonesia dari sebuah permainan hingga menjadi wadah untuk mencari ketenaran. Game joget super booming ini membuat semua orang ingin eksis. Mereka melakukan beragam cara untuk meraih popularitas, seperti memperbanyak koleksi avatar ataupun adu tinggi-tinggian level karakter.



Point Blank

Bisa dibilang, PointBlank adalah fenomena unik di dunia game online Indonesia. Coba kamu perhatikan, sepertinya hanya game pointblank yang mampu menembus angka jutaan pemain, sekaligus dengan jumlah penggemar di fanpage mencapai jutaan orang. Game satu ini dimainkan hampir oleh semua kalangan gamers, baik yang kelas atas, menengah, hingga bawah. Usia tak menjadi masalah bocah, ababil, tua keladi semua memainkan game tembak-tembakan ini :p Bahkan artis pun ikut bermain PointBlank, menjadikan game bergenre shooter ini sebagai game terpopuler Indonesia.

Beberapa orang mengatakan, PointBlank bisa seramai ini adalah karena game PFS pertama di Indonesia. Padahal bukan. Game online FPS pertama di Indonesia adalah VitalSign, yang hadir pada bulan September tahun 2005 lalu. Namun sayangnya, VS tidak semansyur PointBlank karena pada saat itu orang-orang masih tidak terlalu menaruh perhatian terhadap game online Indonesia. Selain itu, kebutuhan spesifikasi PC yang tinggi juga membuat VitalSign tidak mendapatkan banyak pemain.

Bahkan ada yang mengatakan, mungkin gamers-gamers di Indonesia sudah mulai jenuh dengan yang namanya MMORPG dan ingin mencari jenis game baru. Oleh sebab itu, mereka pun bermain PointBlank. Well, ada benarnya juga.. maybe

Kesuksesan PointBlank di Indonesia membuat publisher lain tak bisa berdiam diri. Beberapa publisher lain seperti Megaxus dan Lyto pun ikut merilis game bertema sejenis. Di saat ini, kamu bisa melihat beberapa game seperti WarRock, CrossFire, dan X-SHOT muncul ke hadapan publik.

Kemunculan PointBlank sekaligus juga menjadi pencetus bagi munculnya turnamen-turnamen game online di Indonesia. Dari sini jugalah para penyedia peralatan gaming seperti Razer dan SteelSeries mulai dikenal. Menjual item atau menjadi joki game online yang tadinya hanya dianggap sebagai uang sampingan kini berubah menjadi pekerjaan dengan pendapatan yang cukup menjanjikan.

Warnet-warnet sejatinya hanya memiliki konsumen setingkat mahasiswa pun mulai didatangi oleh anak-anak sekolahan. Bahkan yang masih berumur sangat kecil sekalipun mulai tahu bermain game di warnet. Para pemilik warnet seolah tahu, bila ingin warnet-nya laku, maka sediakanlah game PointBlank.

-------------------------------------------------------------------------------------------
Semua game online diatas memiliki perannya di Indonesia. Game-game tersebutlah yang ternyata mampu memberikan perubahan yang signifikan pada dunia game online Indonesia. Kita bisa melihat, adanya ketidaksamaan jenis gamer di antara RO, Ayodance, dan PointBlank. Dimana di zaman RO, bermain game online masihlah merupakan suatu aktifitas yang hanya digunakan untuk mengisi waktu. Berbeda di zaman Ayodance dan PointBlank, dimana saat ini game online di Indonesia sudah menjadi lahan baru bagi para pencari Rupiah.

Game online yang fenomenal sampai 2015 ini adalah game - game dari android dan ios dimana beberapa game online hampir dimainkan oleh gamer muda hingga tua hal ini mungkin karna game tersebut bisa dimaikan dimana saja dan hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan. Beberapa game tersebut seperti hay day yang dimainkan oleh mayoritas kaum hawa dan coc yang dimainkan oleh mayoritas kaum adam. Tapi saya akan membahas Coc saja karna sejak pertama rilis di ios pada 2012 sampai sekarang Coc menimbulkan banyak fenomena.



Clash Of Clans

Clash of Clans adalah permainan video game strategi freemium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.

Permainan ini dirilis untuk platform iOS pada 2 Agustus 2012. Untuk Android, peluncuran awal dilakukan di Kanada dan Finlandia pada 30 September 2013. Pada 7 Oktober 2013, permainan ini dirilis secara Internasional di Google Play

Clash of Clans adalah sebuah game multiplayer online di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas dan Elixir, yang dapat digunakan untuk membangun pertahanan tuk melindungi pemain dari serangan pemain lain ', dan untuk melatih dan meng-upgrade pasukan. Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo-satu pemain di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa goblin.

Coc mempunyai beberapa keunikan seperti bisa terlihat pada gambar dibawah ini dimana presiden ke tujuh Indonesiapun memainkan Coc.



Fenomena super terkenal dari coc adalah saat seorang anak menghabiskan 135juta hanya untuk bermain coc. Berita ini cukup menghebohkan diawal september 2014 lalu. Selanjutnya ada beberapa game bisa dibilang cukup menggeber dunia online juga yah macam game monopoli berjudul get rich~ walaupun sesungguhnya Get Rich terlalu mirip bahkan sama dengan modomarble. Modo telah hadir beberapa tahun sebelumnya tapi lebih booming saat keluar versi androidnya :/

Itulah beberapa game online berkesan, sulit dilupakan dan diabaikan gamers Indonesia dan berjaya di erannya masing-masingh hehe Sebenrnya ada jg game-game digdaya lainnya bahkan masih dimainkan banyak players sampai sekarang yaitu Warcraft III yg lebih dikenal gamer dengan nama DOTA yah tapi dota lebih banyak dan memang lebih seru di mainkan bersama teman-teman secara offline alias LAN jadi saya tidak memasukannya haahaa sedangkan dota 2 belum begitu booming di indonesia saat artikel ini ditulis yah menurut saya pribadi kemungkinan dota 2 akan menjadi game online booooming di Indonesia tahun 2015 2016 (perdiksi pribadi) :D Ada pula Counter Strike atau yang lebih dikenal dengan nama " CS " tapi lagi-lagi yah seperti dota gamers indonesia demen memainkannya secara LAN so gak masuk itungan x) Tahun 2016 sepertinya tidak akan ada yang lebih booming dari dota~ so 2017 game online apakah yang bakal booming? atau gameonline akan mati pada akhirnya dan terganti mobile game haha patut ditunggu xD

Well game mana yang berkesan bagi kalian? :) Ada yang luput? silahkan komentar seeya


Baca Artikel Terkait: 

0 komentar:

Posting Komentar