Selasa, 21 April 2015

10 Search Engine Terkenal Di Dunia Selain Google

Yak, melanjutkan postingan saya dari part sebelumnya, saya akan membahas 10 search engine yang cukup familiar ditelinga saya, karna hanya sepuluh yang akan dibahas tentunya tidak semua bisa saya ungkit disini :)


Langsung saja  disimak postingan 10 search engine terkenal didunia pesaing mbah google dibawah ini, cekidot





1. YAHOO SEARCH

Pengguna internet yang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan mengirim mail bisa dipastikan mengenal Yahoo mail dong. Raksasa yang berasal dari Amrik ini mulai mengakusisi perusahaan lain sejak 1997 pada tahun 2005 Flick bergabung bersama lalu pada 2006 Yahoo Search disempurnakan dengan mengakusisi SearchFox. Yang menarik adalah yahoo bahkan mengakusisi salah satu jejaring sosial asli Indonesia yang bernama KOPROL. Tidak sampai disitu Yahoo search semakin dibuat bersinar dengan diakusisinya Cooliris yang merupakan search engine yang dirancang untuk pencarian dalam bentuk ganbar dan video 3D.


2. TWITTER

Deskripsi: Social network, ya itulah alasan twitter sangat terkenal di negara ini, Indonesia dan ternyata twitter juga merupakan search engine ternama yang paling sering digunakan oleh penghuni dunia maya loh. Udh pada tau dimana mencari twitter kan? kalo tidak tahu pasti minimal sudah punya aplikasinya di smartphone masing-masing doong. Salah satu kelebihan search engine twitter adalah di hasttagnya. Yang memudahkan konsumen mencari topik terhangat di twitter, Biasanya penduduk indonesia sih yang nguasain world wide :D Kabar terbaru sampai pertengahan April 2015 sih kabarnya Google berniat mengakusisi Twitter wah wah.


3. KOSMIX

Kalian bisa singgah disini http://www.kosmix.com/ 
Koxmix adalah mesin pencari yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian lanjutan melalui beberapa filter yang tersedia, kita bisa menemukan yang kita cari dengan berbagai format yang dimiliki oleh kosmix, contohnya pencarian gambar, suara video, link dll banyak deh pokoknya.


4. BING

Bing merupakan search engine yang dibuat oleh microsoft untuk menyaingi google. Sudah cukup dikenal oleh warga indonesia, Bing sendiri diperkenalkan kepada dunia pada tahun 2009. Kelebihan mesin pencari yang satu ini tentunya bisa dilihat dari background yang ditampilkan kerap berganti-ganti. Serta Bing Maps yang dimiliki lebih akurat dan beberapa keunggulan lainnya seperti detail yang diberikan oleh bing saat mouse diarahkan pada daftar penncarian yang muncul, jadi tidak perlu repot klik satu-satu. Kelemahannya tentunya berbeda dengan google yang memang ringan bing cukup menguras kesabaran bagi yang browsing di tengah sawah :)

5. WOLFRAMALPHA

Mesin Pencari yang satu ini hasil buah karya Wolfram Researh. Dari 10 search engine, yang satu ini mempunyai keunikan yaitu hasil yang ditampilkan akan memberikan jawaban yang fluktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Wolframalpha memang mencari data dari segala penjuru, bahkan data offline juga terpampang disini. Tentunya data offline yang dimaksud data-data yang sudah dilisensi dan diberi penilaian oleh pakar dibidang masing-masing. Karna mesin pencari yang satu ini terkenal karna keahliannya untuk menghasilakan data berdasarkan fakta yang dicari beserta bukti nyatanya. Bisa dibilang ini cocok untuk  pelajar yang sedang ulangan biologi ataupun anak kuliahan yang kebingungan dengan pelajaran statistikanya. http://www.wolframalpha.com/


6. HYPERWORDS

Bisa dijumpai di http://www.hyperwords.com/ .Hyperwords adalah mesin search engine yang hanya bisa digunakan oleh Firefox. Sangat disayangkan bagi para pengguna internet karna HW menyediakan fitur yang membuat penelitian internet menjadi lebih simple dan efisien. Cara kerja hyperwords adalah dengan membuka menu pop-up di sebelah seiap kata pada situs web yang anda klik lalu info tersebut terbuka tanpa perlu meninggalkan halaman aslinya. HW juga mempunyai keunggulan dalam membaca wiki dan menerjemahkan. Anda bisa mengunjungi situs diatas tapi sayangnya anda hanya menikmati paket demo jika anda tidak berkenan membayar.


7. MAHALO

Mahalo adalah mesin pencari milik Calacanis. Situs ini dibangun secara kolektif oleh tim yang terdiri dari para editor dan komunitas terdaftar yang cukup untuk memuaskan pencarian anda didunia maya. Yang mengejutkan adalah keberhasilan Mahalo dalam meraup USD20 juta dimana itu diraih bahkan sebelum situs mahalo diluncurkan. Kelebihan Mahalo lainnya kita bisa mendapatkan kontribusi bila mempunyai akun dan cukup aktif. Sejak terbentuk tahun 2007 lalu visitor rata-rata pertahun Mahalo hingga saat ini adalah 9,8 juta pengunjung setiap tahun. Mahalo.com


8. CUIL

Menurut saya web search yang satu ini mirip sekali seperti google, yeah wajar sih sebenarnya mengingat situs ini dibangun oleh mantan pegawai google.. Cuil adalah seacrh sengine yang mengorganisir halaman web berdasarkan kontennya dan menampilkan hasil pencarian yang relatif panjang ditambah dengan gambar thumbnail yang relatif banyak bro. Silakan kesana jika ingin mencicipi searching secuil :) http://www.cuil.com/


9. HUNCH

Hunch disebut sebagai konsep baru yang merevolusi mesin penelusuran. Tetapi jika diperhatikan dengan seksama terdapat beberapa kemiripan dengan wikipedia maupun yahoo  answer. 
Hunch cukup unik karena dikembangkan dengan algoritma yang akan memberitahukan kita mana yang lebih antara sesuatu dengan yang lainnya. Ini linknya: http://www.hunch.com/


10. OMGILI

Oh My God I Love It atau disingkat Omgili merupakan mesin pilihan untuk beragam pencarian atau penggalian informasi komunitas web dan digunakan untuk menemukan opini pengguna atau mencari jawaban atas masalah teknik.Situs yang satu ini dirancang agar cocok digunakan di forum-forum ataupun perkumpulan-perkumpulan. Karna disini pengguna dapat berdebat, berbagi ide, berbagi pengalaman pribadi dan bisa menjadi solusi penyelesaian masalah.
http://www.omgili.com/

Sekianlah seluruh post saye untuk media pencari terkenal, terfavorite dan terupdate didunia. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan kita bahwa tidak hanya mbah yang berkuasa di ranah dunia online ini.

Untuk yang part 1 yaitu tentang 10 search engine yang terkenal di Indonesia versi saya tentunya. Silahkan kunjungin link ini

0 komentar:

Posting Komentar