Senin, 13 April 2015

10 Penemu Meninggal Karna Penemuannya Sendiri

Hallo sobat blogger dan para pembaca tercinta :p pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Penemu meninggal karna penemuannya sendiri. Mereka adala penemu terkenal di eranya dan berakhir dengan kematian tragis yaitu meninggal karna penemuannya sendiri.
Berikut adalah 10 penemu yang meninggal karna penemuannya sendiri.


1. MARIE CURIE

Marie Curie adalah seorang ahli fisika dan kimia Perancis-Polandia amat terkenal karna menemukan berbagai elemen baru, termasuk radium & polonium, juga teori radioaktivitas & isolasi isotop radioaktif. Ia adalah penerima Penghargaan Nobel tahun 1903 (bersama suaminya Pierre). Ia meninggal tanggal 4 Juli 1934 karna temuannya, anemia aplastik (berkaitan dengan radiasi). Efek merusak radiasi ion ini belum diketahui n banyak karyanya telah diteliti tanpa pengamanan. Ia telah melakukan ujicoba tube berisi isotop radioaktif di kantungnya en menyimapnnya di laci meja, menghasilkan cahaya biru-hijau ketika zat ini dimasukkan ke ruangan gelap. Tersedia Bukunya di Indonesia Jika tertarik membaca lebih detail tentang marie curie silahkan beli bukunya biografinya di toko buku terdekat :)



2. Jr Thomas Midgley

Jr.Thomas Midgley adalah seorang ahli kimia Amerika Thomas menjadi penemu petrol timah dan CFC. Meskipun dipuji pada masanya, ia dicap “memiliki lebih banyak dampak terhadap atmosfir daripada organisme tunggal lainnya sepanjang sejarah Bumi”. Julukan lainnya “orang yang bertanggunjawab atas banyaknya kematian daripada yagn lain sepanjang sejarah” karena penemuannya.
Ia mengidap Polio serta keracunan timah lalu dibiarkan begitu saja di tempat tidurnya. Ia meninggal pada usia 55 tahun setelah dicekik oleh salah satu katrolnya. Fakta menyedihkan bahwa kedua penemuannya yakni petrol timah serta tempat tidur yanng dioperasikan katrol turut berperan dalam kematiannya. Alhasil Thomas masuk daftar penemu yaang meninggal karna penemuannya sendiri.



3. JOHN GODFREY PARRY THOMAS

John Godfrey Parry-Thomas adalah seorang pembalap merangkap teknisi Wales. Ia selalu mengimpikan memecahkan rekor kecepatan darat milik Malcolm Campbell, dalam usaha mewujudkan mimpi, Parry-Thomas menciptakan sebuah mobil untuk dapat mewujudkannya. Parry menjadi penemu mobil cepat dengan nama Babs, dengan mengalami banyak perubahan, seperti rantai penghubung roda dengan mesin. Tanggal 27 April 1926, Parry-Thomas memecahkan rekor itu, sebelum meningkatkannya menjadi 170 mph keesokan harinya. Rekor ini bertahan selama satu tahun, sebelum Malcolm Campbell memecahkannya pada 1927. Berusaha merebut kembali gelarnya, salah satu rantai terlepas lalu melayang ke lehernya, langsung memenggalnya setengah. Ia meninggal seketika di tempat, Parry-Thomas meninggal karna penemuannya sendiri.




4. WILLIAM BULLOCK

William Bullock adalah seorang penemu berkewarganegaraan Amerika juga merupakan seorang penemu pencetak berputar.
Penemuannya pada tahun 1863 membantu mengubah total wajah industri percetakan hal ini di karenakan kecepatan serta efisiensinya amad mengejutkan. William Bullock meninggal ketika mencoba memperbaiki salah satu pencetaknya, kakinya hancur di bawah salah satu mesin ketika mencoba menendang katrol untuk mengembalikannya ke tempat semestinya. Hal buruk terjadi & menyebabkan kakinya kemudian menjadi tak berbentuk amat disayangkan William Bullock meninggal ketika operasi dilakukan untuk mengamputasi kakinya. William Bullock meninggal karna penemuannya sendiri




5. OTTO LILIENTHAL

Otto Lilienthal adalah penemu, perintis penerbangan manusia pertama, kemudian dikenal sebagai Raja Paralayang. Ia adalah orang pertama yang sukses & berhasil melakukan penerbangan paralayang berturut-turut. Suratkabar & majalah di banyak negara menerbitkan foto Lilienthal berparalayng, alhasil mempengaruhi opini publik dan ilmiah mengenai kemungkinan mesin terbang menjadi praktis setelah zaman fantasi serta pemikiran tidak ilmiah. Pada penerbangan 9 Agustus 1896, Lilienthal jatuh 17 meter. mematahkan tulang belakangnya. Ia meninggal keesokan harinya. Kata-kata terakhirnya adalah, “Pengorbanan kecil harus dilakukan!”. Walaupun meninggal karna penemuannya sendiri tapi last wordya penuh inspirasi bro .. break the opinions!


6. FRANZ REICHELT

Franz Reichelt adalah seorang penjahit Australia mendadak menjadi terkenal karena membuat sebuah penemuan yakni hibrida parasut. Penem Hibrida mengklaim dapat menerbangkan pemakainya ke darat or ke udara. Franz melakukan eksperimen dari dek pertama Menara Eiffel. Tepat di depan keramaian disorot kru kamera, Reichelt langsung jatuh lurus ke bawah. Ia meninggal ditempat seketika dari kejatuhan tersebut. Franz meninggal karna penemuannya sendiri.


7. KAREL SOUCEK

Karel Soucek adalah seorang stuntman Kanada menjadi terkenal karena penemuan sebuah “kapsul” (sebenarnya hanya sebuah drum dimodifikasi) selanjutnya berlayar mengarungi Air Terjun Niagara dengan berada dalam kapsulnya. Penemu satu ini berhasil selamat, meskipun mengalami luka-luka. Tahun 1985, penemu bernama Karel Soucek meminta sebuah perusahaan untuk mendanai pertunjukan drumnya dari atas Houston Astrodome (Texas). Sebuah air terjun khusus terbuat dari atas struktur 180 kaki ini, dengan kolam tepat berada di bawah. Tetapi, pertunjukan ini menjadi bencana! Soucek menghantam tepi kolam bukan hanya bagian tengah, menyebabkan kapsul ini terpecah dan melukainya. Ia meninggal keesokan harinya. Evel Knievel menyebutnya sebagai stunt paling berbahaya dunia ygan pernah dilihatnya. Karel meninggal karna penemuannya sendiri. Saat ini Kapsul Soucek terpajang di New York State Museum.


8. COWPER PHIPPS COLES

Cowper Phipps Coles adalah seorang Kapten Angkatan Laut Kerajaan penemu menemukan meriam berputar untuk kapal selama Perang Krimea. Setelah perang, Coles mempatenkan penemuannya lalu membangun kapalnya sendiri menggunakan desain revolusioner, diadaptasi dari kapal AL Kerajaan lain. Kapalnya, HMS Captain, membutuhkan beberapa modifikasi tak biasa menjurus berbahaya. Tetapi, memiliki “dek badai” tuk meningkatkan pusat gravitasi kapal. Tanggal 6 September 1870, HMS Captain terbalik, menewaskan Coles beserta sebagian besar dari 500 awak kapalnya. Cowper and crew meninggal karna penemuannya sendiri.


9. ALEXANDER BOGDANOV

Alexander Bogdanov adalah seorang ahli fisika, filsuf, pakar ekonomi, penulis fiksi ilmiah, dan revolusioner Rusia. Salah satu eksperimen ilmiahnya melibatkan ide rejuvenasi melalui transfusi darah. Telah melakukan transfusi darah kepada banyak orang terkenal, termasuk saudara Lenin, Bogdanov, ia memutuskan untuk memberikan dirinya transfusi darah dari salah seorang pasiennya sakit penderita malaria sekaligus tuberkulosis. Ia meninggal karena infeksi berbahaya beberapa waktu kemudian. Bogdanov meninggal karna penemuannya sendiri.


10. HENRY WINSTANLEY

Henry Winstanley adalah seorang arsitek dan penemu mercusura Inggris terkenal. Henry Winstanley juga merupakan seorang insinyur dan penemu pembangun mercusuar Eddystone pertama. Henry Winstanley ingin mencoba kekuatan mercusuar ini, termotivasi, tertantang, penasaran itulah tekad Henry Winstanley lalu membuatnya sangat ingin berada dalam mercusua selama badai besar berlangsung. Mercusuar temuannya gagal menghadapi badai! kemudian runtuh menewaskan sang penemu, Winstanley dan lima orang lainnya yg sedang berada di dalam mercu meninggal karna penemuannya sendiri.

Oke Guys selesai..!!
Itulah beberapa peneliti dan penemu meninggal karna hasil temuan nya sendiri. Cukup tragis akhir dari orang-orang hebat ini, karena itu kita patut mengapresiasi temuan mereka. Dan semoga amal ibadahnya diterima. Aamiin. Kritik dan Saran? silahkan berkomentar di bawah. Thankyouu~ See u soon :)

0 komentar:

Posting Komentar