Senin, 02 April 2012

Calon Pembalap Yamaha Di MotoGP 2013

Balapan MotoGP 2012 memang belum dimulai, akan tetapi sudah ramai pembicaraan mengenai bursa transfer untuk mengisi grid MotoGP 2013, dimana banyak kontrak pembalap MotoGP yang berakhir pada akhir musim ini. Bos Yamaha, Lin Jarvis memberikan pendapatnya mengenai siapa kandidat terkuat yang bakal mengisi kursi yang disediakan Yamaha, baik pada tim pabrikan maupun tim satelit Tech3.

Lin Jarvis mengatakan kalau Cal Crutchlow membutuhkan konsistensi agar dapat mempertahankan posisinya di Tim Yamaha Tech3 yang terancam digusur oleh Andrea Dovizioso maupun bintang Moto2 Bradley Smith.

Lin Jarvis mengatakan: “Cal juga sudah banyak berpengalaman dengan kami dan saya pikir dia bisa memanfaatkan musim ini dengan baik. Secara umum paket motornya sangat kompetitif jadi saya memperkirakan kalau Cal akan memperbaiki performanya pada musim ini. Hal penting bagi Cal adalah untuk mempertahankan konsistensi. Sudah jelas dia memiliki kecepatan dan dia menyelesaikan tes (Sepang) yang terakhir dengan baik. Dia hanya harus bisa cepat dimanapun.”

Jika Crutchlow tidak dapat menjaga konsistensi pada musim lalu, maka hal yang berbeda ditunjukkan oleh Andrea Dovizioso. Sebelum berpindah dari tim Repsol Honda, Dovizioso mampu menyelesaikan musim 2011 di tempat ketiga berkat konsistensinya untuk dapat naik di atas podium di beberapa seri. Lin Jarvis yakin atas kemampuan Dovizioso untuk bisa memuaskan Tim Yamaha Tech3 pada musim ini walaupun pembalap berkebangsaan Italia tersebut harus terlebih dulu beradaptasi dengan tunggangan barunya.

Lin Jarvis mengatakan: “Saya akan bilang kalau Andrea sedikit berlawanan. Konsistensi merupakan kelebihannya. Jelas kalau perpindahan dari Honda mengakibatkan dia masih perlu menyesuaikan dengan gaya mengendarai Yamaha. Tapi kami terkesan olehnya pada tes kedua.

“Pada tes yang pertama, sepertinya dia akan mendapatkan banyak pekerjaan untuk terbiasa dengan gaya balap Yamaha, tapi tentu saat itu dia juga banyak bermasalah dengan cedera bahu yang didapatnya saat bermotocross. Dia belum 100% pulih, tapi sudah bisa finish di posisi ketiga pada tes lalu. Lagi-lagi dia sudah menunjukkan kalau dia bisa beradaptasi dengan motornya dan saya pikir dengan adanya corner speed Yamaha yang lebih tinggi ketimbang Honda bisa cocok dengannya.

“Jadi saya pikir Andrea akan menjalani musim ini dengan luar biasa dan Cal juga bisa memperbaiki penampilannya daripada musim lalu. Menurut saya, sebagai tim satelit, Tech3 sedang dalam kondisi bagus.”

Lin Jarvis yakin meskipun Yamaha Tech3 merupakan tim satelit, akan tetapi motor YZR-M1 yang mereka pergunakan dapat bersaing seperti halnya motor pabrikan yang diperguanakan oleh Jorge Lorenzo dan Ben Spies. Ia mengatakan: ”Saya pikir motornya punya potensi untuk bisa naik podium. Saya yakin. Tergantung bagaimana jalannya balapan, jadi banyak hal bisa terjadi. Tapi pada saat yang sama, kami tidak bisa meremehkan kecepatan Casey, Jorge, Ben dan Dani, empat pembalap yang sangat cepat. Tak mudah untuk mengalahkan mereka. Tapi Andrea adalah pembalap yang sebenarnya bisa mengalahkan mereka, dia sudah membuktikannya pada tahun lalu. Dia finish ketiga di klasemen. Sebenarnya podium bisa digapai dan bahkan tentunya Andrea bisa menang.”

Lin Jarvis sudah mengatakan kalau Jorge Lorenzo merupakan pembalap utama yang akan dipertahankan Yamaha. Sedangkan Ben Spies akan masuk dalam daftar prioritas Yamaha dengan catatan jika The Elbowz mampu tampil secara konstan dan memperbaiki penampilannya pada musim ini. Sementara itu, selain sudah memasukkan Bradley Smith ke dalam daftar pembalap Yamaha tech3 musim 2013, bukan tidak mungkin Andrea Dovizioso akan naik pangkat mengisi posisi di tim Yamaha Factory.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan Andrea Dovizioso mengisi tim pabrikan, Lin Jarvis mejawab: ”Tentu saja bisa. Pada dasarnya untuk tahun 2013 semuanya masih bisa terjadi. Jika Andrea beradaptasi dengan baik dan menjalani musim ini dengan bagus, maka dia merupakan pembalap ketiga yang saya jadikan prioritas saat ini. Saya pikir semuanya masih mungkin jadi kita lihat bagaimana jalannya awal musim ini dan siapakah yang akan membuat kemajuan.”

Jadi, dapat disimpulkan kalau Yamaha mengutamakan Jorge Lorenzo untuk memperpanjang kontraknya di tim Yamaha Factory, sedangkan Andrea Dovizioso mempunyai peluang kuat untuk bertahan di tim satelit. Tentu saja Yamaha akan menunggu sampai setidaknya pertengahan musim, atau bahkan hingga musim 2012 berakhir untuk menentukan pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar