Rabu, 04 April 2012

Bahaya Tomcat

Apakah anda tahu apa itu tomcat?
Bagi anda yang belum tahu, tomcat adalah sejenis kumbang paederus fuscipes dengan ciri-ciri memiliki kepala yang berwarna hitam , dada dan perut berwarna orange dengan sayap bewarna kebiruan. Tomcat biasanya dapat anda temukan di daerah persawahan dengan ukuran sekitar 7-10 mm. Tomcat biasanya terbang ditanaman padi untuk memangsa wareng dan hama padi lainnya.
Saat ini tomcat dikabarkan sangat berbahaya bahkah ada yang mengatakan racun tomcat adalah racun paling mematikan di seluruh dunia.
Jika anda berfikir seperti itu, anda salah. Bahkan racun tomcat tidak bisa di bandingkan dengan racun ular kobra. Racun tomcat menyerang hanya sampai kulit sedangkan racun ular kobra menyerang melalui darah. Bahkan pada kenyataannya tomcat sangat bermanfaat bagi petani karna tomcat memangsa wareng dan hama padi lainnya.

Selain itu anda harus mengetahui bahwa tidak semua tomcat memiliki racun.
Karna menurut penelitian hanya racun tomcat betina sajalah yang memiliki racun sedangkan tomcat jantan tidak memiliki racun.

Bagaimana racun tomcat dapat menyerang manusia.
Tomcat sebenarnya tidak menyerang manusia, karna tomcat hanya memangsa wareng dan hama-hama padi. Manusia terkena racun tomcat biasanya terjadi saat tomcat hinggap di tubuh anda dan spontan ditepuk oleh anda. Akibatnya racun serangga tersebut menempel pada kulit. Dan jika anda menggaruknya, akan menyebabkan iritasi pada kulit sehingga tampak melepuh.

Apa gejala terkena racun tomcat?
Gejalanya adalah kulit yang terkena racun akan terasa gatal dan timbul seperti jamur. Rasa gatal itu berasal dari cairan yang ditinggalkan pada kulit yang terkena racun
Tomcat dan Bahaya
Ada beberapa tips untuk membersihkan racun tomcat.
Jika ada lendir yang menempel dikulit segera bersihkan dengan air.
Bawalah orang yang terkena racun tomcat ke dokter, ini penting agar virus bekas gigitan racun tomcat tidak menyebar. Jika anda tidak ingin ke dokter, anda dapat mengobatinya sendiri menggunakan campuran laos, lindon dan sereh. Atau anda dapat membeli beberapa antibiotik yang dapat menyembuhkan racun tomcat.
Bagaimana cara agar anda terhindar dari racun tomcat?
Ada beberapa tips agar anda terhindar dari racun tomcat, yaitu:
Usahakan agar pada malam hari anda tidak membuka jendela, karna tomcat tertarik pada cahaya.
Jika anda menemukan tomcat jangan mengganggunya atau berhati-hatilah agar tomcat tidak terpencet. Anda tidak perlu menggunakan tenaga untuk mengusir tomcat. Jika tomcat hinggap ditubuh anda, anda hanya perlu menyentilnya agar cairan tomcat tidak pecah di kulit anda.
<http://adepratamapoetra.blogspot.com>

0 komentar:

Posting Komentar